Thursday, January 23, 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop / Computer Lelet


Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop / Computer Lelet
Hey Dab, Sekarang saya akan share penyebab yang bisa membuat laptop / Computer kamu lelet. Bukan hanya satu loh dab, tapi banyak kemungkinan. Kalian pasti ngerasa gak nyaman banget ya ketika kerja kok dirasa performa laptop nih lambat banget. Nah dari beberapa pengalaman yang sudah saya alami, saya mencoba membagi dalam beberapa masalah :
  1. File Temp kamu terlalu besar
    File di folder temp ini terus bertambah ketika kalian mengerjakan sesuatu di laptop / computer kalian dab. contohnya kamu sering internetan nah beberapa data-data disimpan di Temp ini. Jika temp ini di biarkan / tidak di bersihkan maka kinerja laptop / computer akan lelet.

    Solusinya:
    - Klik kanan Pada Local Disk (Kalau saya C:), Lalu Properties
    - Pilih Disk Cleanup 

    - Lalu akan muncul kotak dialog dan ada beberapa option (option tersebut di centang untuk membersihkan bagian mana aja yang mau di bersihkan).
    - Pilih Clean up system files dan tunggu sampai selesai.
  2. Terlalu Banyak Program Tidak Penting di Install
    Ini sering terjadi pada teman-teman saya, karena kebiasaan orang kalau menginstall tidak melihat apa aja yang di install. Perlu diketahui kadang-kadang ketika kita menginstall program, program itu juga membawa program lain yang tidak penting seperti (Downloader, Toolbar browser, Search dll) itulah yang membuat computer anda semakin berat.

    Solution:
    Hapuslah Program-program yang tidak penting! caranya Start > Control Panel > Unistall a Program.
  3. Drive Systemmu Sudah hampir 90%Drive System atau kalo kebiasanaan orang menyebut Drive C: (ya karena selalu berada di urutan pertama Drive). Masalah ini Spele, kebanyakan orang tidak memperhatikan kalau drive pada bagian system itu penuh. Padahal menurut pengalaman pribadi Komputer akan semakin lambat dengan penuhnya Drive system. menurut Saya hal yang paling proposional untuk sebuah sistem hanya terisi 75%.
    Dari gambar diatas untuk sebuah system masih normal tetapi untuk batas maksimal seperti Drive D: 
  4. Spec Laptop / Komputer lebih rendah dari System Requirment Program.
    Hal ini juga sering saya lihat pada Laptop teman-teman saya. Kebanyakan dari mereka merasa kalau update dengan versi software yang terbaru itu cangih padahal belum tentu. Ingat kalau software terbaru itu dibuat untuk mengikuti perkebangan hardware. jadi kalo mau install sofware gak usah yang terbaru asalkan berjalan dengan lancar di Laptop / Computer itu akan lebih baik.
  5. Malware dan Spyware
    Untuk yang satu ini memang saya sengaja menaruh di paling akhir, karena ini merupakan penyebab yang Cukup merepotkan. Bayangkan saja bagi pengguna awam untuk mendeteksi kalau laptop / komputernya terkena Malware atau Spyware dari mana. Apalagi di Indonesia Banyak yang menginstall Windows Bajakan. Semakin mudah untuk ter infeksi yang satu ini.

    Satu-satunya Cara kalian harus menginstall Antivirus dan Selalu update agar selalu terjaga dari Malware dan Spyware.

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 HeyDab.