Friday, January 31, 2014

Membuat Tampilan Gimp Seperti Photoshop

Hey Dab, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang mengubah tampilan gimp menjadi seperti photoshop. Cara ini bisa dilakukan di linux dan Windows. Menurut saya ini cukup membantu untuk mendesain di gimp karena icon-iconnya cukup familiar (bagi pengguna Photoshop). Oke sebelum kita lanjutkan ini ada Screenshootnya :
Membuat Tampilan Gimp Seperti Photoshop



Catatan: Saat ini Saya menggunakan elementaryOS, dan untuk linux dapat dilakukan di distro manapun.

Oke, sebelum mengubah gimp tentunya kalian harus menginstallnya di laptop atau PC kalian. Untuk mendownload Gimp kalian bisa kunjungi websitenya di www.gimp.org  atau untuk linux yang berbasis ubuntu bisa menggunakan PPA:

 sudo add-apt-repository ppa:otto-kesselgulasch/gimp  
 sudo apt-get update  
 sudo apt-get install gimp  

Setelah sudah diinstall gimp lalu baru saya akan masuk ke cara mengubah iconnya.

  1. Silahkan kalian download disini 
  2. Untuk Menginstall di linux caranya:
    - Ekstrak yang telah di download tadi ke /home/{username}/.gimp-2.x/- Lalu Buka gimp dan lakukan ini Edit -> Preferences -> Themes and select PsIcons
    Untuk Menginstall di Windows caranya:
    - Ekstrak yang telah di download tadi ke C:/Program Files/GIMP 2/share/GIMP/2.x/- Lalu Buka gimp dan lakukan ini Edit -> Preferences -> Themes and select PsIcons
  3. Setelah itu kita akan membuat gimp menjadi Satu Windows (Sebab saya sendiri tidak begitu nyaman dengan tampilan Gimp yang memiliki 3 Windows). Caranya Windows->Single-Window Mode.
  4. Jadi deh :D
Lalu Kalian Masih Belum puas dengan tampilan gimp, kalau saya memang belum puas karena terlihat terlalu ramai jadi agak ribet kelihatanya. Saya akan bagi dua tahap pertama buat yang kiri terlebih dahulu :
Kalian tinggal mendrag toolbar yang tidak di perlukan keluar lalu tinggal di Close.

Untuk Yang di sebelah kanan Kalian Juga tinggal mendrag / mengatur sesuai dengan screenshoot.
Tetapi yang punya Saya Ditambahkan Tool Options  pada bagian atasnya. Caranya Windows > Dockable Dialogs > Tool Options

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 HeyDab.